Halaman

Selasa, 06 Oktober 2015

Rangkaian Sensor Infrared menggunakan Remote

Hai para Engineer, disini saya akan menjelaskan tentang rangkaian sensor yang menggunakan infrared. pada rangkaian ini saya menggunakan IC4017 .

Berikut adalah rangkaian sensor remote dengan menggunakan remote universal,baik remote TV,AC,dll.
Lansung aja berikut adalah rangkaiannya, Silahkan!!!


Dari gambar diatas jika dibuat schematic, maka berikut ini adalah hasil schematic,,,,


VCC untuk IC4017 adalah kaki nomer 16,
Untuk kaki 13 dan 8 disambungkan kemudian masuk ground,
Untuk IR saya menggunakan type TSOP382, berikut ini adalah spesifikasinya :

Berikut adalah bahannya :
- Resistor 330 ohm = 3
- Tr BC558 = 1
- Tr BC548 = 1
- Resistor 1Kohm
- C 100uf/16v = 1
- C 100nf = 1
- Dioda 1N4007 = 1
- Relay 5Vdc 220Vac = 1
- IC 4017 = 1
- IR TSOP382 = 1
- Resistor 2K2 ohm = 1
- Led buat indikator aja = 2

Dijamin rangkaian diatas akan berhasil,berikut ini adalah hasilnya,,,
Disini saya outputnya adalah seven segment, Jika mau mematikan lampu menggunakan rangkaian ini juga bisa,,,


 Berikut adalah videonya :

 

Jika anda mengalami kendala dalam membuat, silahkan beri komentar anda. maka akan saya jawab permasalahannya,,,



Tidak ada komentar:

Posting Komentar