Halaman

Minggu, 03 Mei 2015

Pengertian Expansion Card




03/05/2015,,,
untuk lebih jelasnya silahkan download doc. link di bawah ini :
 

 
Expansion card adalah tempat atau wadah dimana sebuah papan-rangkaian-elektronik (circuit board) bisa dipasang dengan cara ditancapkan.

Circuit board ada bermacam-macam fungsinya, misalnya menambah memori, membuat kualitas suara atau gambar lebih bagus, modem, atau menyambungkan network.
contoh :
1. VGA (Video Graphics Accelerator) card adalah salah satu komponen komputer yg mutlak harus ada. Fungsinya mengolah data graphis unt ditampilkan di layar monitor. Sebetulnya VGA card merupakan satu unit "komputer mini" karena komponen ini memiliki sebuah prosesor (disebut GPU alias Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory juga.
2. Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
• Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
• Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
• Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire

3. Kartu jaringan (Inggris: network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.
Contoh LAN Card.

4. Video card termasuk tiga komponen terumit yang terdapat dalam PC Anda. Begitu banyak istilah pada spesifikasi sebuah video card. Apa artinya dan mana yang perlu diperhatikan?

Namanya beragam. Kadang kita kenal dengan nama graphic card, video card, video board, video adapter, video accelerator, display adapter, video adapter, graphics accelerator, atau graphics adapter. Di majalah PC Media, lebih sering disebut sebagai video card. Ia lebih populer dengan nama VGA card. Istilah yang lebih banyak digunakan, baik di kalangan user PC maupun penjual ataupun beberapa produsennya.

Dan semua mengacu pada sebuah komponen yang sama. Dengan tugas utama melakukan proses konversi dari data digital berisi representasi logikal, menjadi sinyal yang berisi informasi visual untuk dapat ditampilkan pada layar display.

Pada kebanyakan kasus, yang digunakan sebagai display adalah monitor, baik itu monitor konvensional CRT (Cathode Ray Tube), maupun monitor LCD (Liquid Crystal Display). Masih termasuk dalam display adalah penggunaan projector, ataupun TV sebagai alternatif dari monitor.

MENGENAL BAGIAN-BAGIAN VIDEO CARD :

1.Expansion
Inilah yang sering dan lebih tepat jika disebut sebagai VGA card. Komponen PC yang satu ini memiliki processor tersendiri. Disebut GPU (Graphics Processing Units) oleh nVIDIA, dan VPU (Visual Processing Units) oleh ATi.

Ia dilengkapi dengan video memory yang sama sekali terpisah dengan RAM pada motherboard. Pada kebanyakan produk video card, menggunakan jenis RAM yang satu langkah lebih maju dibanding RAM motherboard.

2.Integrated
Terintegrasi pada motherboard, sering disebut integrated graphic controller. Rata-rata memiliki kinerja 3D yang lebih rendah, dibanding expansion card. Ini berlaku, jika membandingkan kinerjanya, dengan era dan kelas yang sama.

Penyebab utamanya adalah kebanyakan menggunakan chipset yang relative lebih murah, untuk menekan biaya yang dibutuhkan. Kebanyakan integrated graphic controller juga menggunakan sistem sharring memory, tidak seperti pada expansion card yang memiliki dedicated memory.

3.VGA Glossary
Begitu banyak yang harus diperhatikan dalam pembelian VGA card. Karena memang dari kompleksitasnya, komponen yang satu ini termasuk tiga komponen terumit yang ada dalam PC Anda.
Berikut kami sertakan data spesifikasi jajaran terbaru dari dua produsen graphic controller, ATi dan nVIDIA. ATi mulai dari seri RV370 hingga R520 yang dapat ditemukan pada seri X1800-nya. Sedangkan untuk nVIDIA mulai dari seri mainstream GeForce 6200 hingga jajaran produk high end GeForce 7800. Semuanya adalah data spesifikasi reference board standar dari pembuat chipset. Sedangkan produsen VGA sendiri, sering mengadakan perbaikan dan perubahan setting clock. Dengan tujuan memberi performa tambahan pada produk VGA-nya.

4.Architecture GPU/VPU
Adalah kode dari GPU/VPU yang digunakan pada video card yang bersangkutan. VPU (Visual Processing Unit) istilah yang sering digunakan oleh ATi, sedangkan nVIDIA menyebutnya sebagai GPU (Graphics Processing Unit). Biasanya urutan angka di belakangnya berdasarkan kronologis waktu pengembangan ataupun peningkatan teknologi dan kinerja. Pada beberapa kasus, bisa terjadi terjadi lompatan generasi karena satu dan lain hal.

5.Manufacturing Process
Sama seperti pada CPU, GPU/VPU dibuat dalam proses produksi yang terus menciut, seiring perkembangan teknologi. Antara lain untuk menekan ongkos produksi, meningkatkan jumlah transistor (transistor count) dalam ruang yang terbatas tanpa menambah energi panas yang signifikan saat beroperasi. Sesuai dengan perkembangan teknologi proses yang telah dikuasai.

6.DirectX Support
DirectX adalah sebuah perintah pemrograman API (Application Program Interface) yang digunakan oleh Microsoft. Ini akan (sedikit) mempermudah pekerjaan game developer. Sekaligus memperkecil permasalahan kompatibilitas hardware pada operating system yang bersangkutan.

Dengan mengandalkan koleksi perintah standar yang tersedia pada DirectX, maka hampir dapat dipastikan selama kompatibel dengan Windows, hardware yang bersangkutan tidak akan mengalami masalah. Seiiring bertambahnya versi DirectX, ia juga dilengkapi dengan instruksi khusus baru. Yang hanya dimiliki oleh hardware-hardware terbaru juga. Ada baiknya untuk memastikan VGA card yang digunakan mendukung versi DirectX terbaru (untuk sementara versi Directx 9.0c)

7.Bus Interface
Sejak kedatangan PCIe x16 pada tahun 2004 yang lalu, keberadaan AGP memang sudah mulai terancam. Awalnya bandwidth data PCIe x16 dengan 4GB/s yang jika dibandingkan 2,1 GB/s pada AGP 8x menjadi alasan utama.

Sejak dikembangkannya (kembali) penggunaan dual VGA, mempertegas arah pengembangan video card berikutnya. Seperti Anda lihat, kebanyakan produk terbaru sudah jarang atau bahkan tanpa menyertakan versi dengan slot interface AGP.

Jika motherboard yang Anda gunakan belum memiliki ketersediaan slot PCIe x16, maka pilihan untuk upgrade video card akan sedikit terbatas. Dua produsen terbesar, baik ATi maupun nVIDIA memiliki kecenderungan tidak lagi memproduksi video card chipset terbaru dengan slot AGP. Apalagi jika Anda tertarik untuk mewujudkan penggunaan dual VGA. Baik dengan ATI CrossFire maupun nVIDIA SLI, keduanya hanya dapat diwujudkan pada motherboard tertentu yang sudah menggunakan slot PCIe x16.

8.Pixel and Vertex Shader
Vertex shader dan pixel shader bersama-sama bekerja dalam proses rendering untuk menghasilkan pixel hasil tampilan akhir. Biasanya bekerja pada saat menampilkan objek tiga dimensi. Baik Direct3D, OpenGL, ataupun API 3D scene yang lain dapat memanfaatkan keduanya.

Versi pada pixel shader maupun vertex shader selalu berkembang. Disesuaikan dengan perintah khusus yang dapat berjalan pada API terbaru.

Contohnya adalah sebagai berikut. Shader Model 3.0 adalah gabungan 2 teknologi yang digunakan pada DirectX 9.0. Yaitu, Pixel Shader Model 3.0 dan Vertex Shader 3.0. Shader 3.0 ini lebih memungkinkan instruksi shader yang lebih panjang (65535 instruction) dan memungkinkan dynamic branching. Sedangkan, Shader 2.0 yang digunakan pada versi digunakan pada versi DirectX sebelumnya. Dengan shader length lebih terbatas (256 instruction) dan belum mendukung dynamic branching.

9.Pipelines
GPU mengerjakan instruksi untuk tekstur, transformation (transperancy, deformation, reflections, dan seterusnya) menjadi hasil akhir pixel yang muncul pada display. Sebuah urutan perintah dikerjakan dalam satu pipeline. GPU terkini memiliki multi pipeline yang memungkinkan mengerjakannya secara paralel. Tentunya akan memperpendek waktu proses. Secara garis besar, makin banyak pipeline, semakin bagus kemampuannya dalam me-render.

10.MEMORY
Jumlah memory juga akan mempengaruhi resolusi maksimal yang mampu dilakukan. Kebanyakan kelas mainstream akan berkisar hingga kapasitas 128 MB. Jumlah akan sangat mempengaruhi kedalaman warna dan resolusi yang mampu ditampilkan.

Jenis RAM yang banyak digunakan adalah DDR, DDR II, dan GDDR. DDR II dan GDDR akan mampu menghasilkan clock memory yang lebih cepat dibanding DDR.

Semakin besar lebar data (memory bus width) yang dimungkinkan untuk komunikasi antara core dan memory, semakin cepat data yang mampu diproses sebuah VGA card.

Memory bandwidth berdasarkan memory bus width, memory type dan memory speed. Untuk perhitungan lebih jelas, lihat pembahasan RAM pada edisi terdahulu.

Kebanyakan VGA card ekonomis, hanya menawarkan interface data yang terbatas (64-bit). Ada baiknya untuk memilih produk yang memiliki 128-bit data interface, atau 256-bit jika budget memungkinkan.

11.CLOCK SPEED
Ada dua clock speed yang perlu diperhatikan. Yang pertama adalah core clock dan kedua adalah memory clock.

Sebaiknya saat membandingkan clock VGA card, bandingkan dari produsen chipset graphic adapter yang sama. ATi dengan ATi, dan GeForce dengan GeForce.

Jika ada angka yang mencurigakan, biasanya pada clock memory atau juga disebut memory speed, biasanya produsen menyebutkan clock memory effective dari memory yang digunakan. 
12. Cooling System
Sempat memiliki sebuah video card yang sama sekali tidak menggunakan fan pendingin, atau bahkan tanpa heatsink? Untuk GPU terkini, sebuah hal yang hampir tidak mungkin. Dengan clock yang demikian cepat, panas selama beroperasi dapat mencapai suhu yang cukup tinggi. Sebagai informasi, suhu pada heatsink pasif (tanpa fan) sebuah video card GeForce FX5200 dapat mencapai kisaran 60°C. Dapat dibayangkan panas yang dapat dihasilkan sebuah video card kelas high-end.

13. Display Interface
Kebanyakan video card menawarkan tiga jenis port interface: DVI, VGA dan TV-Out. Dan yang lain, hanya merupakan kombinasi minor dari tiga port tersebut. Ada yang menawarkan dual DVI, untuk dapat menghasilkan dua tampilan pada display digital. Ada yang menyertakan fasilitas dukungan output HDTV (high-definition TV), atau VIVO (video input video output). Dua yang disebut terakhir, biasanya dengan menyertakan fungsi tambahan tersebut pada port video.
Sejarah kartu ekspansi
Microcomputer pertama yang memiliki fitur bus slot kartu ekspansi tipe adalah Altair 8800, dikembangkan 1974-1975. Awalnya, implementasi dari bus ini adalah proprietary (seperti Apple II dan Macintosh), tetapi pada tahun 1982 produsen komputer Intel 8080/Zilog Z80 berbasis menjalankan CP / M telah menetap di standar-100 S. IBM memperkenalkan XT bus, dengan PC IBM pertama tahun 1981, itu kemudian disebut bus PC, sebagai IBM XT, menggunakan bus yang sama (dengan sedikit pengecualian,) tidak akan diperkenalkan sampai 1983. XT (alias 8-bit ISA) digantikan dengan ISA (alias 16-bit ISA), awalnya dikenal sebagai bus AT, pada tahun 1984. IBM bus MCA, yang dikembangkan untuk PS / 2 pada tahun 1987, adalah seorang pesaing untuk ISA, juga desain mereka, tetapi tidak disukai karena penerimaan ISA itu industri-lebar dan perizinan ditutup IBM AMK. EISA, diperpanjang versi 32-bit ISA diperjuangkan oleh Compaq, digunakan pada beberapa motherboard PC sampai dengan tahun 1997, ketika Microsoft menyatakan itu warisan "" subsistem dalam PC 97 industri kertas putih. Kepemilikan lokal bis (qv Compaq) dan kemudian VESA Local Bus Standar, adalah bus ekspansi akhir 1980-an yang diikat tetapi bis CPU tidak eksklusif [2] [3] [4] ke 80.386 dan 80.486. Bus PC104 adalah bus tertanam bahwa salinan bus ISA.

Intel meluncurkan mereka chipset PCI bus bersama dengan CPU Pentium P5 berbasis pada tahun 1993. Bus PCI diperkenalkan pada tahun 1991 sebagai pengganti ISA. Standar (sekarang pada versi 3.0) yang ditemukan di motherboard PC untuk hari ini. Standar PCI mendukung Bridging, sebanyak sepuluh daisy dirantai PCI bus telah diuji. Cardbus, menggunakan konektor PCMCIA, adalah format PCI yang melekat periferal ke PCI Host Bus melalui PCI untuk PCI Bridge. Cardbus sedang digantikan oleh format ExpressCard. Intel memperkenalkan bus AGP tahun 1997 sebagai solusi percepatan video khusus. perangkat AGP secara logis melekat pada bus PCI di atas jembatan-PCI ke PCI. Meskipun disebut bus, AGP biasanya hanya mendukung kartu tunggal pada waktu (Legacy BIOS masalah dukungan). Dari 2005 PCI-Express telah menggantikan kedua PCI dan AGP. Standar ini disetujui [oleh yang] pada tahun 2004,? Mengimplementasikan protokol PCI logis melalui antarmuka komunikasi serial. PC104-Plus, Mini PCI, atau PCI-104 sering ditambahkan untuk ekspansi pada papan faktor bentuk kecil seperti Micro ITX.

Format USB telah menjadi de facto standar bus ekspansi terutama untuk komputer laptop. Semua fungsi tambahan slot kartu saat ini dapat ditiru oleh USB, termasuk Video [5] [6], jaringan, penyimpanan dan audio. USB 2.0 saat ini bagian dari interface ExpressCard dan USB 3.0 merupakan bagian dari 2,0 Standar ExpressCard.

Firewire atau IEEE 1394 adalah serial bus ekspansi awalnya dipromosikan untuk Apple Computer Inc ekspansi menggantikan bus SCSI. Juga diadopsi untuk PC, sering digunakan untuk Storage dan Videocameras, memiliki aplikasi untuk jaringan, video, dan audio.

Setelah bus-100 S, ini artikel di atas menyebutkan bus hanya digunakan pada PC IBM-compatible/Windows-Intel. Kebanyakan baris komputer lain yang tidak IBM kompatibel, termasuk dari Apple Inc (Apple II, Macintosh), Tandy, Commodore, Amiga, dan Atari, menawarkan bus ekspansi mereka sendiri. Apel digunakan NuBus untuk Macintosh seri sampai 1995, pada saat itu mereka beralih ke Bus PCI standar. Umumnya kartu ekspansi PCI akan berfungsi pada setiap platform CPU jika ada Driver Software untuk jenis itu. Video PCI kartu dan kartu lainnya yang mengandung Bios yang bermasalah, meskipun kartu Video VESA yang sesuai dengan Standar dapat digunakan untuk monitor sekunder. Desember Alpha, IBM PowerPC, dan MIPS NEC workstation digunakan konektor PCI bus [7].

Bahkan banyak video game konsol, seperti Sega Genesis, termasuk bus ekspansi, setidaknya dalam kasus Kejadian, bus ekspansi kepemilikan, dan bahkan slot cartridge cartridge banyak berbasis konsol (tidak termasuk Atari 2600) akan memenuhi syarat sebagai perluasan bus, karena mereka terkena kedua membaca dan menulis kemampuan internal bus sistem. Namun, ekspansi modul yang terpasang pada interface ini, walaupun secara fungsional sama seperti kartu ekspansi, secara teknis bukan kartu ekspansi, karena bentuk fisik mereka.

Untuk 1000 mereka EX dan 1000 HX model, Tandy Komputer merancang antarmuka ekspansi PLUS, sebuah adaptasi dari bis-XT mendukung kartu dari faktor bentuk yang lebih kecil. Karena elektrik kompatibel dengan bus XT (alias ISA 8-bit atau XT-ISA), sebuah adaptor pasif dapat dibuat untuk menghubungkan kartu XT ke konektor ekspansi PLUS. Fitur lain dari kartu PLUS adalah bahwa mereka stackable. Bus lain yang ditawarkan modul ekspansi stackable adalah "sespan" bus yang digunakan oleh PCjr IBM. Ini mungkin telah elektrik sama atau mirip dengan bus XT; paling jelas memiliki beberapa kesamaan karena keduanya pada dasarnya terbuka alamat 8.088 CPU dan bus data, dengan beberapa penyangga dan menempel, penambahan menyela dan DMA yang disediakan oleh Intel pengaya pada keripik, dan beberapa baris deteksi kesalahan sistem (Power Bagus, Memori Periksa, I / O Channel Periksa). Sekali lagi, sidecars PCjr secara teknis bukan kartu ekspansi, tapi ekspansi modul, dengan satu-satunya perbedaan adalah bahwa sidecar adalah sebuah kartu ekspansi tertutup dalam kotak plastik (dengan mengekspos lubang konektor).

Standar slot Ekspansi
    * PCI Express
    * AGP
    * PCI
    * ISA
    * AMK
    * VLB
    * CardBus / kartu PC / PCMCIA (untuk komputer notebook)
    * ExpressCard
    * CompactFlash (untuk komputer genggam)
    * SBU (1990 Ming SPARC berbasis komputer)
    * Zorro (Commodore Amiga)
    * NuBus (Apple Macintosh)

Jenis kartu Ekspansi :
    * Kartu Video
    * AMR Advanced Multi Rate Codec
    * Sound card
    * Kartu Jaringan
    * TV tuner card  
    * Video kartu ekspansi pengolahan
    * Modem
    * Host adapter seperti pengendali SCSI dan RAID.
    * POST kartu
    * Ekspansi kartu ROM BIOS
    * Kompatibilitas kartu (warisan)
    * Fisika kartu. (Menjadi usang seperti yang diintegrasikan ke dalam kartu video)
    * Controller kartu Disk (untuk tetap atau drive removable-media)
    * Antarmuka adaptor kartu, termasuk kartu port paralel, port serial kartu, multi-I / O card, kartu port                               USB, dan kartu antarmuka proprietary.
    * RAM disk, misalnya i-RAM
    * Solid State Drive (menjadi usang untuk SATA, Rev 3,0 SSD's)
    * Kartu memori ekspansi (warisan)
    * Kartu Hard disk (warisan)
    * Jam / kartu kalender (warisan)
    * Keamanan perangkat kartu  
    * Radio tuner kartu  









PCI EXPANSION CARD
Kartu ekspansi (juga ekspansi papan, kartu adaptor atau kartu aksesori) dalam komputer adalah Papan sirkuit cetak yang dapat disisipkan ke sebuah slot ekspansi dari sebuah komputer motherboard atau backplane untuk menambahkan fungsionalitas ke sistem komputer melalui bus ekspansi.
Satu sisi dari kartu ekspansi memiliki kontak (dengan konektor tepi ) yang sesuai dengan tepat dalam slot. Mereka membentuk kontak listrik antara elektronik (kebanyakan sirkuit terpadu ) pada kartu tersebut dan pada motherboard.



Perbedaan slot Ekspansi


Bus PC asli dalam IBM PC asli (sekitar 1982) adalah 16 bit lebar dan dioperasikan pada 4.77 MHz. Hal ini resmi dikenal sebagai bus ISA. Ini desain bus mampu melewati sepanjang data pada kecepatan hingga 9 MBps (megabyte per detik) atau lebih, cukup cepat bahkan untuk banyak aplikasi saat ini.

Selama awal tahun 1990an, Intel memperkenalkan standar bus baru untuk dipertimbangkan, Peripheral Component Interconnect (PCI) bus. PCI menyajikan hibrid macam antara ISA dan VL-Bus. Ini menyediakan akses langsung ke memori sistem untuk perangkat yang terhubung, tetapi menggunakan sebuah jembatan untuk menyambung ke frontside bus dan karena itu ke CPU. Pada dasarnya, ini berarti bahwa ia mampu kinerja bahkan lebih tinggi dari VL-Bus sambil menghilangkan potensi gangguan dengan CPU.


Bentuk Slot PCI

PCI dapat menghubungkan perangkat lebih dari VL-Bus, hingga lima komponen eksternal. Masing-masing dari lima konektor untuk komponen eksternal dapat diganti dengan dua perangkat tetap pada motherboard . Juga, Anda dapat memiliki lebih dari satu PCI bus pada komputer yang sama, meskipun hal ini jarang dilakukan. Chip PCI bridge mengatur kecepatan PCI bus independen dari kecepatan CPU . Hal ini menyediakan tingkat tinggi kehandalan dan memastikan bahwa PCI-perangkat keras produsen tahu persis apa yang harus di desain.





PCI awalnya dioperasikan pada 33 MHz menggunakan jalur 32-bit lebar. Revisi standar termasuk meningkatkan kecepatan dari 33 MHz sampai 66 MHz dan menggandakan jumlah bit untuk 64. Saat ini, PCI-X menyediakan untuk 64-bit transfer pada kecepatan 133 MHz untuk tingkat 1-Gbps (gigabyte per detik) transfer menakjubkan!






Kecepatan antar slot & Bus

Kartu PCI untuk menghubungkan pin 47 (49 pin untuk kartu menguasai, yang dapat mengontrol PCI bus tanpa intervensi CPU). PCI bus dapat bekerja dengan begitu sedikit pin karena hardware multiplexing, yang berarti bahwa perangkat mengirimkan lebih dari satu sinyal melalui satu pin. Juga, PCI mendukung perangkat yang menggunakan baik 5 volt atau 3,3 volt.




Letak Slot PCI pada Motherboard


Macam-macam Bentuk Expansion Cards








Tidak ada komentar:

Posting Komentar